Senin, 23 Mei 2011

pengantar ilmu perpustakaan

BAB I
PENDAHULUAN

Pada masa ini, perpustakaan telah lebih dikenal oleh masyarakat dari pada masa-masa yang lalu. Beberapa waktu yang lalu, sebahagian besar masyarakat beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah merupakan gudang buku. Masyarakat kurang mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari kunjungan ke perpustakaan.
Perpustakaan kini lebih dikenal oleh masyarakat, berkat dukungan yang diberikan oleh pemerintah yaitu denga mendirikan perpustakaan-perpustakaan sampai kepelosok pedesaan. Hal ini juga tidak terlepas dari usaha pihak perpustakaan yang dengan berbagai cara untuk menperkenalkan kepada masyarakat akan mampaat dari keberadaan suatu perpustakaan.
Ilmu perpustakaan adalah suatu pengetahuan yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan suatu perpustakaan untuk mencapai tujuannya, misalnya mengenai cara pengadaan buku, pengolahan bahan pustaka, pelayanan perpustakaan, jenis-jenis perpustakaan, fungsi dan tujuan dari masing-masing perpustakaan.
Sesuai dengan judul makalah ini yaitu “jeni-jenis perpustakaan” maka yang akan di bicarakan hanyalah sekedar pengantar jenis-jenis perpustakaan.
Dalam bahasa indonesia, istilah “perpustakaan” dibentuk dari dasar “pustaka” dengan ditambah awalan “per” dan akhiran “an”. Dalam bahasa asing, ada beberapa istilah yang artinya sam dengan perpustakaan antara lain:

a. Library ( bahasa Inggris)
b. Bibliotheek (bahasa Belanda)
c. Bibliothek ( bahasa Perancis)
d. Biblioteca (bahasa Italia)

Semua istilah ini mempunyai kata dasar yang berarti “buku”. “Pustaka” dalam bahasa Sanskerta, “liber” dari bahasa latin, dan “biblion” dari bahasa Yunani, semuanya berarti buku.
perpustakaan adalah suatu gedung dimana terdapat suatu unit kerja yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, memelihara dan mengelola pemanfaatan bahan pustaka, dengan mempergunakan sistem tertentu untuk dipergunakan oleh pemakai perpustakaan sesuai dengan kebutuhan.

BAB II
JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
A.       Jenis-jenis perpustakaan

Kita mengenal beberapa jenis perpustakaan. Yang membedakan jenis-jenis perpustakaan tersebut adalah tujuan perpustakaannya, koleksi yang tersedia, masyarakat yang dilayani, badan atau pihak yang berwenang menyelenggarakan perpustakaan tersebut.
Menurut undang-undang republik indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang ditetapkan tanggaal 1 November 2007. perpustakaan terdiri atas :

1.      Perpustakaan nasional
Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang didirikan di ibukota negara dan merupakan perpustakaan induk dari semua jenis perpustakaan yang ada di suatu negara.fungsinya.
a. Sebagai pusat referensi nasional. Dalam fungsi ini perpustakaan nasional harus mampu menjawab pertanyaan apa saja, oleh siapa saja yang ada hubungannya dengan Indonesia.
b. Sebagai perpustakaan deposit. Dalam hal ini perpustakaan nasional mempunyai tugas dan bertanggung jawab untuk melestarikan seluruh penerbitan yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri yang mengenai Indonesia.
2.      Perpustakaan umum
Perpustkaan umum yaitu  Pepustakaan yang dibuat dari dana masyarakat dan demi keperluan umum.perpustakaan ini tidak dipungut biaya atau gratis. koleksi perpustakaan Umum pun terdiri dari beraneka ragam bidang dan pokok masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya.
Fungsi Perpustakaan
Umum
a. Pusat Informasi : menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat pemakai
b. Preservasi kebudayaan : menyimpan dan menyediakan tulisan-tulisan tentang kebudayaan masa lampau, kini dan sebagai pengembangan kebudayaan di masa yang akan datang.
c. Pendidikan : mengembangkan dan menunjang pendidikan non formulir diluar sekolah dan universitas dan sebagai pusat kebutuhan penelitian.
d. Rekreasi : dengan bahan-bahan bacaan yang bersifat hiburan perpustakaan umum dapat digunakan oleh masyarakat pemakai untuk mengisi waktu luang.
3.      Perpustakaan khusus
Perpustakaan khusus yaitu perpustakaan sebuah departemen,organisasi,militer,industri ataupun swasta. tujuannya adalah untuk untuk menunjang kegiatan kantor atau instansi dimana perpustakaan itu berada.
Fungsi perpustakaan khusus ialah :
a. Untuk keperluan perencanaan, penagambilan keputusan dan pemecahan persoalan.
b. Untuk kebutuhan riset dan pengembangan para staf yang terlibat dalam berbagai tugas penelitian dan pengembangan.
c. Untuk kepentingan pendidikan dan latihan yang diselenggarakan oleh kantor dan instansi tersebut.
4.      Perpustakaan perguruan tinggi
Semua perpustakan yang dimiliki oleh perguruan tinggi negri atau pun swasta merupakan perpustakaan perguruan tinggi. Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi
a. Jantung dari semua program pendidikan Universitas yaitu perpustakaan harus mampu membantu dan menjadi pusat kegiatan akademis lembaga pendidikannya.
b. Pusat alat-alat peraga mengajarkan atau instructional material center
5.      Perpustakaan Sekolah/madrasah
Perpustakaan sekolah yaitu perpustakaan yang mengumpulkan, menyimpan, memelihara, mengatur dan mengawetkan bahan pustkanya untuk menunjang usaha pendidikan dan pengajaran di sekolah.Dikelola oleh sekolah dan berada dilingkungan sekorang Masyarakat pemakainya ialah para siswa, tenaga pengajar dan staf sekolah lainnya.
Fungsi perpustakaan sekolah ialah :
a. Menunjang kegiatan belajar dan mengajar.
b. Merupakan sarana pengembangan bakat dan keterampilan.
c. Pusat media sekolah.
d. Sarana penelitian sederhana.
e. Sarana rekreasi
Selain kelima jenis perpustakaan yang tersebut di atas, kita mengenal juga jenis-jenis perpustakaan yang lain yaitu :menurut IFLA (Internasional Federation of Library Association) mengelompokkan tujuh perpustakaan,dua jenis perpustakaan lain yaitu :
6.      Perpustakaan Keliling.
Perpustakaan keliling pada prinsipnya merupakan perluasan dari pelayanan perpustakaan umum. Perpustakaan keliling adalah merupakan jenis perpustakaan yang dalam memberikan pelayanan bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan tujuan mengunjungi pemakai.
Fungsi perpustakaan keliling adalah :
a. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di daerah, khususnya di daerah pedesaan dan daerah terpencil.
b. Pemerataan pengembangan pendidikan.
c. Sebagai media penerangan bagi masyarakat
d. Memasyatakatkan perpustakaan atau ajang promosi perpustakaan dan minat baca di kalangan masyarakat
7.       Perpustakaan internasional
Perpustakaan internasional berdiri karena kerja sama dua negara atau lebih.Perpustakaan Semecam ini muncul pada awal abad ke-20.Perpustakaan organisasi- organisasi internasional juga disebut dengan perpustakaan internasional.

B.  Badan Lain yang Bergerak dalam Bidang Informasi

Di samping perpustakaan, masih ada pranata lain yang bergerak dalam bidang pengadaan, pengolahan dan pemberian informasi.Yaitu pusat informasi, pusat analisis informasi; pusat dokumentasi, bank data. dl. Kegiatan lembaga tersebut tidak terpisah dari perpustakaan, dan bekerja sama memenuhi kebutuhan informasi pemakai.





BAB III
PENYEBAP TERJADI BERBAGAI JENIS PERPUSTAKAAN

Adanya berbagai jenis perpustakaan terjadi karena timbulnya berbagai jenis media seperti media tercetak (buku, majalah, laporan, surat kabar) dan media grafis/elektronik seperti film, foto, mikrofilm, video, pertumbuhan literatur yang cepat dan banyak.
Alasan lain, karena kebutuhan pemakai yang berlainan, misalnya keperluan informasi seorang anak SD akan berbeda dengan seorang peneliti seorang dosen walaupun objeknya sama, misalnya tentang keruntuhan Majapahit.
Karena hal-hal tersebut di atas maka muncullah berbagai jenis perpustakaan seperti perpustakaan internasional, perpustakaan nasional, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus dan perpustakaan umum. Masing-masing perpustakaan memiliki ciri tersendiri, khalayak ramai yang dilayaninya jelas berbeda, terkecuali perpustakaan umum. Karena itu perpustakaan umum memegang peranan penting dalam pemberian jasa bagi umum dinyatakan bahwa perpustakaan umum terbuka bagi siapa saja tanpa membeda-bedakan ras, kedudukan, warna kulit, agama, kepercayaan, usia, jenis kelamin.












KESIMPULAN

Perpustakaan yaitu  Koleksi bahan pustaka yang disusun secara sistematis dengan tujuan untuk pengawasan, pendidikan, penelitian, management, penyembuhan, rekreasi dan sebagainya.
Menurut undang-undang republik indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang ditetapkan tanggaal 1 November 2007. perpustakaan terdiri atas :

1. Perpustakaan Nasional (National Library)

2. Perpustakaan Umum (Public Library)

3. Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)

4. Perpustakaan Sekolah (School Library)

5. Perpustakaan Khusus (Special Library)

IFLA (Internasional Federation of Library Association) mengelompokkan jenis-jenis perpustakaan atas :

1. Perpustakaan Nasional (National Library)

2. Perpustakaan Umum (Public Library)

3. Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)

4. Perpustakaan Sekolah (School Library)

5. Perpustakaan Khusus (Special Library)

6. Perpustakaan Wilayah

7. Perpustakaan Keliling











DAFTAR ISI

Undang Undang. 2008.UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43             TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI

Nasution, Sabirin. 1986. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Medan : Panitia Penataran                                          Perpustakaan Pemda Tk I dan Pemda Tk II

http//:e-book/pengantar ilmu perpustakaan

Rompas, J.P. 1985. Pengantar Organisasi Perpustakaan. Jakarta : Lembaga Perpustakaan Dokumentasi dan Informasi.

Basuki, Sulistio. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan sarang sangat diharapkan